Ini Syarat Calon PPK Luwu Utara

jusman, 19 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU UTARA - Pemenuhan kelengkapan dokumen syarat calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 15 Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) perlu perhatian dan pencermatan oleh para calon.

Tujuannya agar data dan fakta sesuai, juga tim pokja seleksi dalam menerima dokumen para calon harus cermat dan teliti,demikian diungkapkan Rahmat anggota KPU Lutra dalam rapat evaluasi pendaftaran di kantor KPU Lutra,  Sabtu (18/1/2020).
 
Rahmat mengungkapkan, kelengkapan syarat tersebut diantaranya kesesuaian alamat berdasarkan KTP el dgn kecamatan di mana calon mendaftar. Untuk calon yang telah pindah penduduk dan KTP el belum terbit, maka harus melampirkan suket dari Dukcapil.
 
Berikutnya urai Rahmat, persyaratan tidak menjadi anggota Parpol paling singkat 5 (lima) tahun dibuktikan dengan SK pengunduran diri dari Parpol. Demikian halnya persyaratan tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau pemilihan paling singkat 5 (lima) tahun tertuang dalam surat pernyataan calon. 

Menghitung mundur interval waktu tersebut, startingnya jadwal pendaftaran PPK dari tgl 18 sampai dgn 24 Januari 2020. Dalam hal syarat umur paling rendah 17 tahun itupun juga mengacu  tanggal pendaftaran tersebut.
 
Terkait persyaratan belum pernah menjabat 2 (dua) kali periode berturut-turut sebagai anggota PPK, Rahmat memaparkan, penghitungan periodesasi yakni periode pertama dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2008,  periode kedua dimulai pada tahun 2009 hingga tahun 2013 dan periode ketiga dimulai pada tahun 2014 hingga tahun 2018 serta periode keempat dimulai pada tahun 2019.

Kemudian Rahmat menjelaskan, dalam hal ada calon PPK berstatus aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai dengan status lainnya yang bekerja pada instansi pemerintah dan non pemerintah, wajib melampirkan surat persetujuan dari pimpinannya. 

“Kelengkapan dokumen syarat calon wajib dipenuhi, dan apabila belum terpenuhi pada saat mengembalikan berkas, maka diberikan tenggat waktu hingga tanggal 24 Januari 2020 sampai dengan pukul 24.00 wita,” tandas Rahmat.

Ia juga mengingatkan calon,  apabila jadwal pendaftaran berakhir namun kekurangan kelengkapan dokumen syarat calon tidak dipenuhi, maka calon yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat pada saat verifikasi berkas oleh komisioner KPU Lutra. (*)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu